Selasa, 23 September 2008

SGK Sebuah Ideologi Alternatif



Ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan. Kata ideologi sendiri diciptakan oleh Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan "sains tentang ide". Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang komprehensif, sebagai cara memandang segala sesuatu (bandingkan Weltanschauung), secara umum (lihat Ideologi dalam kehidupan sehari hari) dan beberapa arah filosofis (lihat Ideologi politis), atau sekelompok ide yang diajukan oleh kelas yang dominan pada seluruh anggota masyarakat. Tujuan utama dibalik ideologi adalah untuk menawarkan perubahan melalui proses pemikiran normatif. Ideologi adalah sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sekadar pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga membuat konsep ini menjadi inti politik. Secara implisit setiap pemikiran politik mengikuti sebuah ideologi walaupun tidak diletakkan sebagai sistem berpikir yang eksplisit.(definisi ideologi Marxisme).

Uraian diatas adalah definisi sebuah ideologi dari berbagai sumber yang autentik. dari uraian diatas mari kita sejenak berpikir kira2 apa hubungan antara ideologi dan scooter. sebenarnya banyak hal yang dapat kita ambil dan kita simpulkan dari dua mahkluk ini, pertama adalah ide atau gagasan. ide atau gagasan ini adalah point yang paling penting dalam setiap gerakan, kita menyadari bahwa kita berkumpul kita berorganisasi kita berkelompak didasarkan atas kesamaan ide yaitu sesama pecinta scooter. dari sinilah kemudian kita ambil jalan berputar untuk menyatukan visi, misi, dan hati kita menjadi satu, tak ada lagi perbedaan , melebur dalam keringat di setiap perjalanan, tak ada sedih, gembira, marah atau apapun semua melebur menjadi satu bagian. satu untuk semua , semua untuk satu SCOOTER GARIS KERAS.

Kedua adalah sebuah perubahan. apa yang dapat kita lakukan setelah kita menyatukan diri pada sebuah jalan yang menjadi pilihan kita ini.tentu kita akan mengharapkan sebuah perubahan, perubahan ini adalah bagian yang penting pada setiap kelompok dimana eksistensi menjadi taruhannya. perubahan ini berkembang seiring dengan bertumbuhnya pola pikir tiap anggota dengan berbagai latar belakang pendidikan, pekerjaan,
dan lingkungan yang berbeda akan membuat pola pikir dan perbuatan kita menjadi lebih dewasa dan positif. dari sinilah kita akan mampu membuat perubahan baik secara ekonomi maupun psikologis.

ketiga meminjam istilah kawan Ndoweh : "...sebuah pemikiran telah datang hancurkan rongga-rongga kepalsuan..." saatnyalah kita wujudkan pemikiran itu pada sebuah aplikasi gerakan kreatif yang mampu membuat sebuah jalan alternatif pelepasan diri dari himpitan hidup, kepalsuan dan kebohongan bersikap. kita kembali temukan diri kita yang sebenarnya kembali ke hati nurani untuk bersama2 mencari solusi akan sebuah kebahagiaan yang kita impikan bersama.

Yang terakhir Selamat Ulang tahun SCOOTER GARIS KERAS KE 1 dan tetap eksis menjadi diri sendiri.
Selamat Idul Fitri 1429 H tahun 2008

(Write by A@M)

Tidak ada komentar: